10 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Tindakan Memperbesar Payudara

10 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memilih Tindakan Memperbesar Payudara

Tak dipungkiri, implan payudara saat ini bukan hal yang asing lagi. Sudah banyak wanita yang melakukannya demi alasan kesehatan hingga estetika. Sebelum menjalani operasi ini, Anda harus memahami dan menyadari prosedurnya sehingga pengerjaannya tepat dan tidak ada kesalahan yang menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan hasil maksimal.

1. Lakukan untuk diri Anda sendiri. Pastikan, keinginan untuk melakukan implant payudara sudah menjadi keputusan Anda, bukan untuk orang lain ataupun pasangan Anda.

2. Kumpulkan informasi tentang prosedur yang akan Anda jalani. Ada beberapa prosedur untuk memperbesar payudara seperti implant, lemak (fat transfer) maupun dengan stem cell breast augmentation. Cari informasi mengenai prosedur, tentang klinik atau rumah sakit, dokter, biaya, perawatan serta resiko komplikasi yang mungkin terjadi.

3. Filler, implant, lemak atau stem cell breast augmentation. Filler payudara, baik yang menggunakan asam hyaluronat sudah dilarang untuk digunakan di seluruh dunia, karena akan mengganggu deteksi kanker payudara. Untuk memperbesar payudara dilakukan dengan implant maupun stem cell breast augmentation. Implan relatif aman jika dilakukan oleh ahlinya. Jika tidak ingin adanya benda asing dalam tubuh maka dapat dilakukan stem cell breast augmentation. Hasilnya bersifat permanen. Di Ultimo semua prosedur ini dapat dilaksanakan, Anda dapat memilih yang tepat untuk Anda.

4. Pilihlah dokter spesialis bedah plastik yang tepat.
Operasi ini merupakan tindakan bedah yang bersifat invasive, seperti tindakan medis lainnya mempunyai resiko komplikasi. Karena itu hanya boleh dikerjakan oleh dokter spesialis bedah plastik yang memang sudah dididik untuk tindakan bedah, serta perawatan sebelum dan sesudah, dan penanganan jika terjadi komplikasi. Miliki gambaran yang jelas mengenai prosedur pembesaran payudara dari seorang ahli bedah plastik. Pastikan dokter yang menangani Anda telah bersertifikat, terutama bedah plastik yang berkaitan dengan estetika sehingga Anda yakin akan mendapat perawatan bedah yang baik sebelum dan sesudah operasi. Tindakan pembesaran payudara memerlukan tindakan kunjungan rutin tiap tahun sehingga Anda harus merasa nyaman dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan ahli bedah.

5. Cek fasilitas dan alat yang digunakan. Pastikan bahwa klinik yang Anda pilih memiliki fasilitas pembedahan dan alat yang sesuai standar kamar bedah di rumah sakit dengan ruang steril yang berlapis dan system sterilisasi ruangan dengan filter udara yang memang dikhususkan untuk kamar bedah. Pemasangan implant yang bersifat benda asing, maupun lemak yang dipindahkan memiliki risiko terkontaminasi melalui udara jika udara di kamar bedah tidak bersih. Sterilitas selama prosedur sangat penting dengan ruangan dan alat yang steril, dan fasilitas kedokteran yang terbaik harus menjadi perhatian utama Anda. Anda berhak untuk melihat kamar operasi saat konsultasi.

6. Pastikan bahan implant payudara yang Anda pilih berkualitas baik. Ketahui implant yang Anda pilih dan implant tersebut merupakan FDA approved. Ini demi keamanan mengingat implant ini akan berada dalam tubuh Anda untuk puluhan tahun.

7. Pilihlah ukuran dan bentuk payudara yang tepat dan sesuai. Menentukan ukuran yang proporsional bagi tubuh Anda adalah sulit. Diskusikan keinginan Anda dengan ahli bedah plastik, jangan melihat ukuran yang dimiliki orang lain, tetapi sesuaikan dengan bentuk tubuh dan dada Anda. Ultimo menggunakan teknologi mutakhir computer imaging yang memungkinkan Anda melihat bentuk dan ukuran payudara sebelum tindakan, sehingga ukuran dan bentuk implant yang dipilih tepat untuk Anda.

8. Ketahui jenis insisi (sayatan pembedahan) yang digunakan. Setelah operasi ditentukan, pertimbangkan jenis insisi yang terbaik menurut kebutuhan Anda. Hal ini harus didiskusikan dengan dokter Anda.

9. Lakukan pemeriksaan sebelum operasi. Risiko dari pembedahan adalah berhubungan dengan masalah anestesi dan kesehatan payudara. Untuk itu, menjalani evaluasi medis menjadi sangat penting sehingga sebelum operasi, Anda harus menjalani berbagai pemeriksaan fisik, mammogram dan ultrasound untuk payudara, agar kesehatan payudara terdeteksi.

10. Perawatan pascaoperasi dan follow up yang teratur. Adanya implant dalam tubuh kita ,memerlukan pemeriksaan rutin yang dilakukan setiap tahun berupa pemeriksaan oleh dokter spesialis bedah plastik Anda dan pemeriksaan ultrasound payudara untuk menilai kesehatan payudara dan kondisi implant.

Recent Comments

  1. saya ingin sekali melakukan implant payudara , tetapi saya merasa takut efek sampingnya . dimanakah saya harus berkonsultasi ,

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *