Bahan Ginseng Maksimalkan Fungsi Pelembab

Bahan Ginseng Maksimalkan Fungsi Pelembab

Ginseng yang mengandung antioksidan tinggi, ternyata juga menjadi bahan alami yang dimasukkan sebagai salah satu bahan pelembab. Dengan tambahan ekstrak ginseng maka pelembab dianggap lebih efektif untuk melembabkan kulit. Mengapa demikian?
Selama ini orang hanya mengetahui ginseng bermanfaat untuk kesehatan seperti untuk meningkatkan gairah serta mempercepat pertumbuhan rambut yang sehat. Namun, tak banyak yang tahu ginseng juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Salah satu fungsi ginseng untuk kecantikan adalah memberikan nutrisi pada kulit wajah sehingga kulit lebih bersih dan lembut, memudarkan vlek hitam, memutihkan kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Melihat manfaat dari ginseng untuk kulit, maka beberapa produsen menambahkan ekstrak ginseng ke dalam produk pelembab atau body lotion mereka. Ginseng mengandung ginsenosida, polisakarida, panaxans, serat, zinc, serta vitamin B1, B2, B3, B5 dan C yang sangat dibutuhkan kulit. Di samping itu, ginseng mengandung saponin yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas dari ultraviolet A dan ultraviolet B dari sinar matahari. Karena itulah pelembab yang mengandung ginseng selain dapat melembabkan kulit, juga memberikan manfaat untuk mencegah kerutan, mencerahkan kulit serta mengurangi pigmentasi kulit.

Aman untuk Kulit

Penggunaan body lotion dengan campuran ginseng tergolong aman dan efektif untuk melembabkan kulit. Dijelaskan oleh dr. Edwin Djuanda, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, semua kandungan yang terdapat dalam body lotion itu aman, asalkan lulus uji dari BPOM. Secara umum kandungan ginseng pada body lotion tidak menyebabkan efek samping seperti alergi. Namun pada beberapa orang tertentu, memang penggunaan body lotion bisa menyebabkan gatal-gatal dan memerah. Namun, hal tersebut bukan karena kandungan yang terdapat pada body lotion itu tidak aman, tetapi sensitivitas kulit pengguna terhadap bahan-bahan yang terkandung body lotion terhan dalam sebut. Karena itu, jika timbul reaksi seperti gatal-gatal dan kemerahan maka penggunaannya sebaiknya dihentikan.

Malam Hari

Untuk mendapatkan hasil kulit yang lembab dan sehat, serta cerah, seperti halnya penggunaan body lotion pada umumnya, body lotion yang mengandung ginseng digunakan minimal dua kali sehari, sehabis mandi dan malam sebelum tidur. Dianjurkan sehabis mandi, dalam kondisi kulit yang masih setengah basah, Anda menggunakan body lotion agar uap air terperangkap di dalam kulit sehingga kulit menjadi lembab. Body lotion juga baik digunakan pada malam hari sebelum tidur karena pada malam hari kulit beregenerasi dengan baik, sehingga dengan rutin pakai body lotion di malam hari kulit akan terasa lebih kenyal dan lembut.

Pada malam hari, dianjurkan menggunakan body lotion yang mengandung ginseng karena dapat membantu regenerasi kulit, serta efeknya bagus untuk menjaga kelembaban kulit jika digunakan secara rutin. Bisa dikatakan body lotion yang mengandung ginseng dapat memaksimalkan kelembaban kulit dan mencerahkan kulit.
Nah, agar kulit terjaga kelembabannya sebaiknya juga menggunakan moisturizer yang mengandung SPF (sun protection factor) untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, yang digunakan sebelum beraktivitas. Dianjurkan juga memperbanyak minum air putih, setiap hari minimal 8 gelas atau 2 liter air.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *