Cegah Kerutan Dini dengan Krim Siang dan Malam

Meski rutin menjalani seabreak treatment peremajaan kulit yang dapat mencegah penuaan dini, tetapi masih banyak kaum hawa yang mengeluh timbulnya kerutan halus di wajahnya. Karena itu sebaiknya juga rutin mengoleskan krim siang dan krim malam untuk mencegah keriput dini. Mengapa demikian?

Dahulu awam berkeyakinan kerutan baru muncul ketika menginjak usia di atas 40 tahun. Namun faktanya proses penuaan ini telah dimulai sejak lahir, bahkan tak jarang mereka yang masih berusia 25 tahun terlihat lebih tua dari seharusnya. Hal ini mayoritas terjadi akibat factor dari luar tubuh (extrinsic aging) seperti kondisi cuaca yang tidak menentu dan paparan sinar matahari (UVA dan UVB). Selain itu, menurut dr. Nurul Oktantio, Accp., dokter kecantikan dan akupunturis, factor lingkungan seperti pola makan, rokok, radikal bebas, polusi dan pola istirahat yang tidak teratur, hingga factor stress juga dapat memicu proses penuaan dini pada kulit seseorang.

Kulit yang mengalami proses penuaan ini akan mengalami penurunan produksi kelenjar keringat dan kelenjar minyak serta penebalan lapisan kulit. Penumpukan sel kulit mati akibat melambatnya pergantian sel kulit mati ini sehingga kulit Anda terlihat kusam dan tidak bercahaya. Tak hanya itu, proses penuaan kulit yang menyebabkan terjadinya penurunan elastin dan kolagen kulit juga berimbas pada menurunnya kekenyalan kulit, terutama di daerah mata, dagu, dan mulut.
Selain itu, proses penuaan juga bisa menyebabkan terjadinya peningkatan produksi melanin (sel pigmen pada kulit) yang tidak merata. Jika tidak ditangani dengan serius, kondisi ini akan menyebabkan timbulnya vlek atau bercak hitam, terutama pada daerah yang mudah terpanggang matahari seperti daerah pipi bagian atas dan tangan.

Krim Siang dan Malam. Untuk memperoleh kulit yang sehat, cerah, serta bebas dari kerutan dan vlek, dibutuhkan penanganan secara tepat, serta terapi peremajaan kulit. Terapi ini bertujuan untuk mengatasi tanda-tanda utama dalam penuaan dini, yaitu terjadinya kulit kering, kasar, kusam, kerut, kendur dan vlek hitam atau noda-noda kehitaman pada kulit wajah. Selain itu, terapi ini bertujuan untuk mempercepat regenerasi kulit yang mulai melambat karena factor intrinsic (factor penuaan yang berasal dari dalam) atau ekstrinsik (factor penuaan yang berasal dari luar), merangsang pembentukan kolagen dan elastin. Beragam fungsi yang dimiliki oleh terapi ini sangat berperan dalam mempertahankan kelembaban dan kekenyalan kulit. Terapi peremajaan kulit bisa dimulai dengan menggunakan produk kosmetik kulit seperti krim siang dan krim malam. Meskipun sangat sederhana namun menggunakan kedua krim ini cukup membantu untuk mencegah bertambanya keriput. Agar hasilnya lebih maksimal, kedua krim ini sebaiknya dioleskan secara rutin ke area kulit wajah setiap hari. Jika kebiasaan ini diterapkan secara rutin serta dibantu oleh perawatan lainnya, maka dalam waktu 2-3 bulan akan terlihat perubahannya.

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda pun dianjurkan untuk fokus menerapkan gaya hidup sehat. Pasalnya, meskipun Anda sudah melakukan perawatan yang rutin dan menggunakan produk-produk kecantikan seperti krim siang dan krim malam yang mahal, akan percuma rasanya jika gaya hidup Anda masih salah atau pola makan Anda tidak seimbang. Kedua hal ini lebih sulit dilakukan ketimbang hanya membayar untuk sebuah perawatan atau seperangkat produk kecantikan.

Di samping itu, kebiasaan makan makanan sehat ini bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan gizi seimbang. Seimbang dalam arti sumber makanan karbohidrat, lemak, protein, dan sumber vitamin (buah-buahan dan sayur-sayuran) yang masuk ke dalam tubuh haruslah seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *