Kelopak Mata Terlihat Alami dengan Aesthetic Surgery

Kelopak Mata Terlihat Alami dengan Aesthetic Surgery

Tak semua orang beruntung memiliki lipatan pada kelopak mata yang lebar dan sinkron dengan bola matanya. Nah, untuk memperoleh tampilan kelopak mata agar terlihat lebih indah, Anda bisa mengakalinya dengan melakukan aesthetic surgery kelopak mata seperti yang sering dilakukan oleh selebriti papan atas Korea. Selain bisa menyulap kelopak mata Anda tampak seperti asli, operasi satu ini juga bisa membuat mata Anda terlihat semakin cantik. Bagaimanakah?

Ditinjau dari segi estetika atau kecantikan, area mata yang disebut proporsional adalah area mata yang inaungi oleh lipatan pada kelopak mata atas yang cantik dan sinkron dengan bola mata seseorang. Sayangnya, tidak semua orang beruntung memiliki kelopak mata. Beberapa dari kita biasanya terlahir tanpa adanya lipatan pada kelopak mata. Atau pada keadaan lain lipatan pada kelopak mata terbentuk namun sangat kecil sehingga kurang terlihat proporsional.

Untuk menyulap tampilan kelopak mata tersebut agar terlihat lebih besar dan proporsional, Anda bisa memilih menjalani aesthetic surgery mata yaitu upper blepharoplasty merupakan operasi mempercantik kelopak mata yang dilakukan dengan membuat lipatan mata. Menurut dr. Ni Made Swantari,MBiomed,SpBP, dokter spesialis bedah plastic, dahulu tren operasi kelopak mat ini lebih mengarah pada model dari western yang memiliki lipatan pada kelopak mata yang besar dan lebar. Sekarang, seiring dengan semakin majunya ilmu kedokteran aesthetic surgery, lipatan mata yang dibentuk dibuat dengan alami dengan ukuran lipatan mata yang sesuai untuk ras Asia.

Untuk memperoleh hasil maksimal, teknik membentuk lipatan mata yang dilakukan harus disesuaikan dengan keadaan tiap pasien. Mereka yang masih berusia muda (usia 18 tahun keatas) dengan kulit lebih kencang biasanya untuk membuat lipatan tidak perlu membuang banyak kulit, lain halnya dengan lemak yang biasanya cukup tebal yang perlu dibuang. Membuang lemak pun juga perlu penilaian dari dokternya agar tidak terlalu banyak juga membuang lemak yang bisa menyebabkan kelopak mata malah terlihat cekung dan tua. Sementara, mereka yang berusia 40 tahun ke atas umumnya memiliki kulit berlebih terutama di bagian tepi luar sehingga menutup lipatan mata yang sudah ada maupun yang akan dibentuk. Disini dokter akan membuat desain khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Juga perlu dibedakan apakah pasien memerlukan operasi lipatan mata tersebut atau pengencangan dahi karena seiring bertambahnya usia kulit dahi juga kendor dan terkadang hasil yang baik didapat dari operasi penarikan dahi (browlift) dan bukan aesthetic surgery mata.

Tertarik? Sebelum menjalani operasi ini Anda dianjurkan untuk menghentikan konsumsi obat atau kebiasaan yang dapat membuat darah encer selama dua minggu sebelum operasi dan seminggu setelah operasi, antara lain merokok, pemakaian hormone, vitamin E, dan obat pengencer darah. Setelah itu, Anda juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui fungsi pembekuan darah dan keadaan umum. Setelah semuanya dinyatakan bagus, Anda bisa menjalani operasi aesthetic mata.
Sebelum operasi, kulit wajah dibersihkan terlebih dahulu dari make-up. Selanjutnya, dokter bedah plastic akan membuat foto praoperasi untuk area sekitar mata Anda, agar dapat membandingkan keadaan sebelum dan sesudah operasi. Setelah itu dokter akan membuat desain pada daerah kelopak mata dilanjutkan operasi pembiusan lokal selama 40-60 menit. Setelah operasi selesai, Anda cukup beristirahat dahulu selama 30-60 menit dan setelah itu dapat langsung pulang ke rumah.

Agar hasilnya lebih maksimal, selama proses penyembuhan Anda dianjurkan untuk menghindari jahitan pada kelopak mata terkena air. Pada hari pertama setelah operasi juga dianjurkan untuk kompres dingin untuk mengurangi memar dan bengkak. Pada hari ke- 5-7, barulah jahitan pada kelopak mata bisa dibuka. Hasil dari operasi ini akan terlihat 2 minggu setelah operasi, dan hasil akhirnya setelah 3 bulan.

Selain masalah lipatan mata, Anda bisa menjalani aesthetic surgery untuk menghilangkan masalah kantung mata, serta mengkoreksi mata yang besarnya tidak simetris atau ptosis. Untuk operasi aesthetic kantung mata, dilakukan juga pembuangan kulit dan pengencangan otot. Lemak yang mengembung bisa dibuang atau ada juga yang memilih menurunkan lemak tersebut untuk menutupi cekungan pada pipi.

Recent Comments

  1. berpa biaya untuk melakukan operasi perbaikan kelopak mata ini?

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *