Kulit Bisa Dicerahkan Sebatas Kecerahan Kulit Lengan Bawah

Kulit Bisa Dicerahkan Sebatas Kecerahan Kulit Lengan Bawah

Lantas secerah dan seputih apa hasil yang akan didapatkan? Menurut dr. Euis Mutmainnah, SpKK, jika ingin mencerahkan kulit maka seseorang tidak dapat memutihkan kulit melebihi batas dari tipe kulitnya. Jika ingin mencerahkan kulit, maka batas maksimal kluit akan terlihat lebih cerah dalah pada bagian lengan dalam yang tidak terkena paparan sinar matahari. Ditambahkan  oleh dr. Annisa Anggraini, yang terpenting kulit terlihat lebih bercahaya meski warna kulitnya tidak putih. Menurutnya, mereka yang kulitnya gelap ataupun tanning bisa memancarkan cahaya yang membuat kulitnya terlihat cerah dan bercahaya.

Meski Anda ingin memiliki kulit yang lebih cerah atau putih, tetapi sebaiknya tidak memilih yang tergolong instan. Salah satu yang tidak aman untuk mencerahkan atau memutihkan kulit adalah merkuri. Merkuri memang bisa memutihkan kulit dalam jangka waktu cepat yaitu dalam seminggu, tetapi kulit putih atau cerah yang ditampilkan terlihat tidak sehat dan pucat.

Mengapa demikian? Merkuri bersifat mendestruksi atau menancurkan sel-sel melanosit yang membentuk pigmen. Jika melanositnya dihancurkan maka tidak ada lagi sel pigmen (melanin) sehingga kulit terlihat putih dan pucat. Namun perlu diingat bahwa kulit tetap membutuhkan melanin untuk pertahanan kulit agar sinar ultraviolet dari sinar matahari tidak merusak kulit dan menyebabkan kanker kulit.

Selain itu, penggunaan bahan- bahan pemutih yang cepat seperti mengandung merkuri, dalam jangka panjang justru membuat kulit menjadi lebih hitam dari sebelumnya, yang disebut ookronosis (kulit berbintik-bintik seperti pasir dan berwarna coklat kebiruan). Selain itu, penggunaan krim-krim yang tidak aman juga menyebabkan terjadinya efek rhiel’s melanosis. Rhiel’s melanosis adalah bentuk dari dermatitis kontak, yang dimulai dari munculnyapruritus, erythema, dan pigmentasi.

Karena untuk mencerahkan kulit tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka saran dr. Euis Anda harus sabar dan tidak tergiur untuk mencerahkan kulit dalam waktu 1-2 minggu, karena untuk mencerahkan kulit membutuhkan waktu. Untuk mencerahkan kulit menggunakan krim-krim berfungsi sebagai skin health restoration yang dapat menormalisasikan sel-sel kulit sehingga kulit tampak sehat. Jika kulit sehat, maka kulit akan terlihat cerah, halus dan lembut.

Untuk mendapatkan kondisi kulit yang demikian harus menunggu siklus pertumbuhan kulit sekitar 2-3 bulan. Hasil akan terlihat lebih cepat menggunakan krim dikombinasikan dengan treatment. Jika kondisi kulit sudah cerah, Anda tetap harus melakukan perawatan kulit agar kondisi kulit tetap baik. Jika perawatan kulit harian diabaikan, maka akibatnya kondisi akan kembali seperti usia Anda yang sesungguhnya. Misalnya, jika usia Anda diatas 40 tahun, lalu terlihat kondisi kulitnya lebih sehat dan cerah seperti halnya usia 30 tahunan. Maka ketika berbagai perawatan dihentikan, maka kondisi kulit Anda akan tampak seperti usia 40 tahun.

Meskipun perawatan kulit harus dilakukan secara kontinu, namun tidak bisa dikatakan penggunaan krim itu membuat ketergantungan. Namun, jika kulit tidak terawat maka semakin bertambah usia, proses penuaan akan terus terjadi. Dengan perawatan kulit, seperti menggunakan krim, maka proses penuaan kulit termasuk kulit terlihat tidak cerah (kusam) bisa diperlambat.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *