Tips Bijak Memilih Produk Pemutih yang Aman

Tips Bijak Memilih Produk Pemutih yang Aman

Di negara tropis seperti Indonesia, mayoritas penduduknya berkulit sawo matang. Tak heran, mereka mendambakan kulit yang lebih cerah. Untuk mencapai impiannya, mereka menggunakan beragam produk pemutih yang disebut-sebut dapat mencerahkan dan memutihkan kulit. Tapi sayangnya banyak produk pemutih kulit yang tidak aman bagi kulit. Lalu bagaimana memilih secara cerdas produk pemutih kulit?

Tersedia beragam produk pemutih kulit wajah di pasaran, kadang kala membuat kaum hawa kalap untuk mencoba produknya tanpa mengindahkan ssi keamanan dari kandungan bahan pemutih yang digunakan oleh produk pemutih wajah tersebut. Pasalnya, banyak juga produsen nakal yang nekat menambahkan bahan pemutih berbahaya seperti merkuri dan hidrokinon.

Sebagaimana diketahui, jika digunakan dalam jangka waktu lama, kedua bahan tersebut dapat membahayakan kesehatan, dan menghadirkan efek kemerahan di area kulit. Bahkan pada beberapa kasus, kedua bahan ini bisa menyebabkan kulit terasa terbakar, iritasi dan gatal pada area kulit.

Bijak Memilih Produk

Sebelum efek negative menimpa Anda, sebaiknya selalu waspada dalam membeli dan menentukan produk pencerah kulit yang cocok bagi kulit wajah. Bahkan sekarang ini, produk pencerah kulit wajah yang terbuat dari bahan tradisional pun bisa digunakan untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Seperti produk pembersih wajah yang terbuat dari bahan kimia yang dianjurkan digunakan secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal, produk pencerah kulit berbahan tradisional pun harus digunakan secara rutin. Tentu saja untuk memperoleh efek pencerahan kulit yang bagus, dibutuhkan waktu yang lumayan lama. Meskipun lama, namun hasil yang diperoleh pun akan lebih permanen.

Selama proses tersebut Anda diharapkan untuk sabar. Harus diingat setiap perawatan wajah pasti ada tahapan prosesnya. Jika tidak sabar, maka hasil yang diharapkan pun tidak akan maksimal. Jadi ikutilah petunjuk pemakaian produk yang dianjurkan oleh para konsultan kecantikan.

Selain itu, Anda pun tidak dianjurkan untuk beralih menggunakan produk pencerah kulit yang lain. Pasalnya, kebiasaan bergonta-ganti produk pencerah kulit ditakutkan akan mempengaruhi kesehatan kulit. Bahkan dengan sering bergonta-ganti produk pencerah kulit, masalah kulit Anda diklaim tidak akan pernah tuntas.

Bahan Pencerah yang Efektif

Salah satu produk pencerah berbasis bahan herbal yang bisa menjadi pilihan Anda adalah produk pencerah kulit yang terbuat dari bengkuang dan AHA (alpha hydroxyl acid). Kedua bahan ini dinyatakan dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara maksimal. Bengkuang merupakan bahan alami yang bisa membantu kulit tanpak lebih cerah, lembut, serta menjaga kelembaban kulit. Sementara bahan AHA merupakan zat yang dapat membantu mempercepat proses pelepasan sel-sel kulit mati, sehingga memudahkan kulit untuk beregenerasi dengan baik. Jika proses regenerasi kulit tidak ada hambatan, maka kulit Anda akan tampak selalu bersih, sehat, dan terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Cleanser Scrub dan Moisturizer

Begitu banyak produk pencerah kulit wajah berbahan alami yang bisa menjadi pilihan Anda. Salah satunya cleanser scrub dengan kandungan bengkuang dan AHA. Produk ini berfungsi mencerahkan sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang sulit dibersihkan, serta mengangkat sel-sel kotoran yang menyumbat pori-pori yang merangsang regenerasi kulit.

Agar tidak salah pilih, pastikan produk kosmetik yang Anda pakai menghasilkan busa pembersih yang ringan dan memiliki butiran scrub yang lembut sehingga dapat digunakan setiap hari tanpa menyebabkan efek kering pada kulit. Supaya hasilnya lebih bagus, sebaiknya menggunakan moisturizer atau pelembab. Pelembab ini berfungsi melindungi kulit wajah yang sudah bersih dan muda, serta terbebas dari pengaruh buruk AC dan radiasi sinar UV.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *